Pages

Subscribe:

Shopping Online

Senin, 23 April 2012

Senja Seorang Mbak Yem


Wanita itu berpakaian sekedarnya. Pakaian pasien berwujud piyama berwarna hijau. Dengan satu saku di dada sebelah kanan dan tulisan besar di punggungnya ‘Rumah Sakit Jiwa Pelita Kasih’. Ia terduduk di sudut ruangan sembari mendekap erat kedua kakinya. Paras ayu yang ia miliki menghilang ditelan garis-garis keriput yang muncul di wajahnya. Matanya tidak lagi bersinar seperti saat ia masih muda. Tubuhnya pun tak lagi sintal seperti dulu ketika para lelaki menjamahnya. Tidak ada mimik selain ketakutan teramat sangat yang terpancar darinya. Bicaranya pun layaknya orang melantur.
“Ampun! Ampun! Gua bukan pembunuh! Bukaaaaaaaannnn!!!!” kalimat itu selalu ia ucapkan kala senja mulai menaungi bumi. Dan tidak akan berhenti sampai kemudian ia terdidur tepat ketika kokok ayam pertama berbunyi nyaring, tepat ketika adzan subuh berkumandang. Matanya hanya terkatup selama 3 jam. Lalu ia terbangun bersama wajah datar tanpa ekspresi disertai tatapan nanar menerawang kejauhan.
Aku seringkali mengunjunginya, mencoba menghiburnya. Mengajaknya bicara. Memberinya harapan-harapan guna menenangkan kegalauan dirinya. Izinkan aku sedikit bertutur pada kalian mengapa ia begitu menderita.
***                              ***                              ***                              ***                              ***
            “Mak, makanan gua mana? Gua laper nih. Pengen sarapan.”
            “Maafin emak,Yem. Emak belum belanja ke pasar. Jadinya belum masak.”
            “Yam, Yem, Yam, Yem! Kan gua udah bilang, jangan panggil gua Mariyem lagi. Tapi panggil gua, Marissa. Nama gua Marissa Cassandra, bukan Mariyem! Lu budek apa bego sih?” sekali lagi mbak Yem, begitu aku memanggilnya, menghardik Emak. Emak pun hanya bisa tertunduk bercucuran air mata mendengar hardikan anak semata wayangnya itu.
            “Mbak Yem, kasar banget sih sama emak? Kan kasihan emak. Lagian kalo mbak mau makan kan bisa beli nasi uduk di perempatan jalan tuh.” Aku menghentikan gerak tanganku menyapu pelataran rumah yang sebenarnya tidak bisa dibilang pelataran itu. Karena saking lebarnya. Lebih pantas disebut kamar luar rumah mungkin.
            “Heh, Anak Ingusan! Lu budek juga? Nama gua Marissa, bukan Mariyem. Bikin gua malu aja! Ngapain ikut-ikutan belain si Emak? Urusin tuh diri lu sendiri.”
            Setiap hari suasana di rumah emak akan selalu begini. Mbak Yem akan selalu marah-marah dan berkata kasar pada emak. Yang dihardik pun hanya bisa menangis di tempat. Sudah berulang kali kujelaskan padanya bahwa apa yang ia perbuat itu salah. Sudah berulang kali kujelaskan padanya bahwa ia harus lebih baik lagi pada emak. Tapi nihil. Mungkin kupingnya itu sudah tidak bisa lagi dimasuki nasihat. Atau malah sudah terlalu banyak nasihat yang masuk ke memori otaknya sehingga kapasitas otaknya tidak lagi mampu menampung nasihat-nasihat lain.
            Apalagi nasihat dari emak. Sepertinya sudah tidak mempan. Beliau malah sudah seperti orang lain di mata mbak Yem. Dulu, saat bapak masih di rumah ini, mbak Yem sayang sekali pada emak. Ia yang akan menjadi pelindung emak jika bapak mulai main tangan. Mbak Yem juga masih sekolah di SMP. Mbak Yem juga masih mengaji pada ustadz yang tinggal di kampung sebelah. Tapi kini? Seakan semua hal yang pernah jadi bagian masa lalunya seolah hilang tak berbekas seiring dengan minggatnya bapak dari rumah ini.
            “Gua bakal berhenti sekolah, Yu. Gua pengen kerja biar bisa ngehidupin keluarga ini. Bapak kagak ningalin apa-apa buat kita. Semua duit malah dia bawa buat nyenengin tuh janda gila!”
            “Kalo gitu Ayu juga bakal berhenti sekolah. Ayu juga mau bantu mbak. Kita kerja sama-sama ya?”
            Kagak. Lu harus terus sekolah. Lanjutin sampai lu lulus. Kalo lu udah lulus, baru lu boleh kerja. Untuk saat ini biar gua aja nyang kerja.”
            “Tapi, Mbak…..”
            “Udah, lu denger apa kata gua.” Ia memotong perkataan yang tidak sempat kutuntaskan. Kala itu, aku merasa begitu beruntung mempunyai kakak sepertinya. Meski aku bukan adik kandungnya, tapi dia begitu menyayangiku. Sama halnya seperti emak menyayangiku.
Mbak Yem benar-benar melaksanakan niatnya. Pagi hari setelah ia mengungkapkan rencananya, ia sudah tidak lagi pergi ke sekolah. Emak heran mengapa sepagi ini rumah sudah bersih meskipun emak dan aku belum membersihkannya. Makanan juga telah terhidang di atas meja. Setelah membangunkan kami, mbak Yem menyuruh kami makan. Ia juga tak mengenakan seragam sekolahnya. Emak hafal sekali dengan jadwal berseragam mbak Yem. Hari ini seharusnya ia memakai baju putih-birunya.
            “Yem, kagak sekolah, nak?” Emak menanyainya. Mbak Yem hanya mengulum senyum lama. Lalu kemudian beranjak memeluk emak dari belakang.
            “Mulai sekarang, Yem bakal berhenti sekolah, Mak. Yem pengen kerja. Cari duit. Buat emak. Buat ayu. Buat kita semua.”
            “Jangan, Yem. Mak kagak mau Yem jadi orang kayak emak. Bego. Kagak bisa kerja selain jadi tukang cuci, tukang sapu, pembantu. Yem harus sekolah biar kagak sengsara kayak emak begini.” Emak mulai menangis.
            “Emak percaya kan sama Yem? Yem kagak mau emak susah lagi. Biar Yem nyang kerja, mak.” Mbak Yem terus berusaha meyakinkan emak agar berkenan menerima keputusan nekat mbak Yem. Emak pun mengizinkan. Dengan hati yang teramat berat tentunya.
            Setelah kejadian pagi itu, mbak Yem mulai mencari pekerjaan. Bermodalkan ijazah SD yang sempat ia tamatkan meski beberapa kali emak dan bapak harus berhutang ke sana ke mari guna menutup biaya sekolah mbak Yem. Setiap harinya mbak Yem berangkat layaknya berlomba dengan terbitnya sang Sri dan baru pulang ketika senja memaksa adzan maghrib berkumandang. Membuat aku dan emak tak kuasa melihatnya menderita. Raut wajah yang ia tunjukkan pun lebih sering kecewa. Mencari pekerjaan di jakarta dengan ijazah sd sama saja dengan mencari jarum dalam jerami. Nyaris tidak mungkin. Namun usahanya yang tanpa lelah akhirnya mengantarkannya pada satu pekerjaan. Sebagai pramusaji. Atau sebenarnya tidak terlalu pantas untuk disebut sebagai pramusaji karena hanya melayani di sebuah warung kecil pinggiran ibukota negara ini. Senja itu, dipayungi langit kemerahan, aku melihat mbak Yem berjalan dengan setengah berlari dan memamerkan mimik cerianya habis-habisan.
            “Emaaaakk! Ayu! Yem dapat kerjaan juga akhirnya!!!” teriakan mbak Yem menggema di sepanjang gang buntu tempat rumah kami berdiri.
            Idih si Yem. Duduk dulu napa, Nak? Masa’ anak perawan teriak-teriak dari gang? Pamali[1].” Emak menanggapi mbak Yem dengan candaan ringan seperti biasa. Bisa kurasakan bahagianya mbak Yem dan emak sore itu. Mbak Yem pun mengambil tempat dan menceritakan pada kami mengenai keajaiban yang ia dapatkan hari itu setelah menenggak habis segelas air.
            “Yu, gua akhirnya kerja juga. Tadi waktu gua lagi duduk-duduk di depan warung lantaran kaki gua pegel, gua liat ada tulisan:
DICARI
SEORANG KARYAWAN
WANITA 20-30 TAHUN
Sebenernya pan gua kagak bisa kerja di situ gara-gara umur gua masih 14 tahun. Tapi gua coba ngomong sama nyang punya warung. Gua bilang aja kalau gua butuh kerjaan sekarang juga. Gua bilang juga kalau gua mau usaha keras. Akhirnya nyang punya warung itu kasihan sama gua. Dikasih deh itu kerjaan buat gua.”
Aku masih ingat benar pelupuk mata emak yang mulai digenangi air mata. Dalam hatinya mungkin berkecamuk rasa bersalah, kasihan, cinta, sayang, dan bangga pada mbak Yem. Esok paginya kakak angkatku itu mulai masuk kerja untuk pertama kalinya. Ia berangkat dengan harapan yang membuncah dalam hatinya. Berbekal segala keyakinan dan keinginannya untuk membahagiakan emak menjadikan segala rasa lelahnya menguap entah kemana. Aku ikut terpacu. Takkan kusia-siakan pengorbanan mbak Yem yang telah merelakan bangku sekolahnya kosong dan ditempati orang lain. Maka kukejar prestasi. Aku belajar sebaik-baik dan segiat-giatnya. Aku yakin semua takkan sia-sia.
“Yu, kalau capek istirahat aja. Entar lu kecapekan, besok paginya kagak bisa sekolah deh. Lu pan udah mau lulus SMP.” Nasihat itu dilontarkan oleh Mbak Yem di suatu malam saat ia baru pulang dari kerja sambilan sebagai tukang cuci di sebuah rumah mewah.
***                              ***                              ***                              ***                              ***
Dokter menjelaskan padaku mengenai kondisi mbak Yem. Miris. Itulah yang kurasakan saat kata-kata dokter mulai memasuki telingaku.
            “Tidak ada kemajuan yang berarti pada kondisi kakak anda. Hampir 0%. Dia nyaris masih sama seperti pertama kali dibawa ke rumah sakit ini. Padahal usaha yang kami lakukan sudah mencapai batas maksimal. Anda juga rutin mengunjunginya. Harusnya, apa yang telah kita upayakan dapat membuahkan hasil. Paling tidak mengurangi intensitas mengigaunya dan memperbaiki waktu tidurnya. Tapi, tidak ada yang mustahil bagi Allah. Kita lakukan saja upaya terbaik kita. Dampingi terus kakak anda.” Tubuhku serasa lemas dan mati rasa. Bagaimana bisa? 3 tahun sudah mbak Yem dikarantina di rumah sakit ini. Tapi tidak ada perubahan yang terjadi.
            Sejak mbak Yem menderita gangguan jiwa, aku harus pintar-pintar membagi waktu. Antara kuliah, kerja, rumah, dan mbak Yem.
***                              ***                              ***                              ***                              ***
Entah apa yang terjadi pada kakak angkatku itu, yang pasti aku merasakan adanya perubahan padanya. Akhir-akhir ini ia berangkat kerja setelah duhur dan baru muncul dari balik pintu ketika bunyi kokokan ayam saling beradu dengan bedug subuh terkadang malah tidak pulang sama sekali selama 2 sampai 3 hari. Ia juga terlihat memakai pakaian-pakaian bagus dan berdandan. Padahal mbak Yem bukanlah tipe wanita pesolek. Ketika kutanya dari mana ia sehingga pulang malam, ia justru menjawab dengan ketus.
            “Kerja lah. Emang kalau gua cuma duduk manis di rumah, duit bisa nyamperin sendiri?”
Setelah memberikan jawaban seperti itu, ia bukannya merasa bersalah dan meminta maaf, ia malah memburuk. Sisi lembutnya seolah tak pernah ia miliki. Lama kelamaan orang mulai mempergunjingkannya. Mereka bilang mbak Yem itu perek, pecun[2], cewek panggilan, dan sebutan-sebutan buruk lainnya. Aku serasa terpukul, namun tentu emak lah yang paling sedih. Pernah suatu hari emak nyaris terlibat perkelahian dengan Mpok Ninin, tetangga sebelah rumah. Sebabnya? Tentu saja karena si Mpok yang terkenal galak pada semua orang termasuk suaminya sendiri itu mengatai mbak Yem sebagai pecun di depan emak.
            “Heh, Janda Tua! Lu kagak bisa didik anak ye? Liat tuh kelakuan anak lu, si Mariyem. Gua mah amit-amit punya anak kayak begitu. Tiap hari kerjanya dikelonin sama laki-laki. Dasar pecun! Cuih! Awas kalau dia berani ganggu-ganggu laki[3] gua. Gua seret dia ke kantor polisi.”
            “Eh Ninin, lu kalau ngomong ati-ati ye? Anak gua bukan pecun. Anak gua anak baek. Mariyem anak baek. Kalaupun laki lu suka sama dia, itu bukan karena Mariyem godain dia. Tapi laki lu tuh nyang ganggu anak gua. Makanya lu jadi perempuan jangan galak-galak.” Emak tak kalah sengit menjawabnya. Mpok Ninin semakin merah padam mukanya, sedangkan si suami hanya tertunduk malu menghadapi kelakuan istrinya. Di kampung itu, hampir semua warganya tidak mendapatkan pendidikan yang layak. Boro-boro sekolah, makan saja bisa sehari makan dan sehari tidak. Paling top pendidikan mereka hanya sampai SD kelas 6. Selebihnya? Perempuannya di usia 12 tahun sudah dikawinkan, sedangkan yang laki-laki sudah mulai mencari nafkah entah sebagai pengasong, pengamen, pemulung, bahkan preman. Maka jangan heran jika kata-kata yang mereka gunakan tidak pernah sopan dan terkesan tidak punya tata krama.
            Malam harinya emak tidak tidur. Ia menunggu di ruang tamu semalaman sampai mbak Yem pulang. Emak ingin memastikan bahwa apa yang ia dengar dari para tetangga itu adalah fitnah semata. Emak mencecarnya dengan sederet pertanyaan. Ternyata, jawaban yang ia dapatkan di luar dugaannya.
            “Iya gua emang pecun. Gua emang perek, Mak. Kenapa? Lu malu? Apa yang bisa kita dapat dari malu? Bisa kenyang?  Lagian kenapa musti denger apa kata orang, Mak? Mereka pun kagak pernah peduli kalau kita kelaparan, kita kedinginan, kita mati. Mereka peduli?!”
            “Astaghfirullah, Mbak. Istighfar. Kita emang miskin harta, tapi jangan sampai kita juga miskin iman. Jadi pecun itu dosa. Dosanya besar. Dan uang yang kita makan itu haram hukumnya.”
            “Peduli setan sama halal haram. Hari gini kerja halal susah. Lu pikir gua tamatan apa? Sarjana? Gua cuma lulus SD, Yu. Siapa yang mau ngasih gua kerjaan halal yang gajinya cukup buat hidup di Jakarta? Kagak ada. Lu pikir kerja di warung sama jadi tukang cuci itu cukup buat makan kita selama ini? Kagak sama sekali. Cuma ini satu-satunya pekerjaan yang bisa jamin hidup kita.  Suka kagak suka, ini kerjaan gua. Kerjaan ini yang bisa bikin kalian bisa makan.” Mbak Yem mengakhiri perdebatan di antara kami dengan membanting pintu. Sementara emak hanya bisa duduk dan terisak-isak menangisi mbak Yem. Setelah dini hari itu, mbak Yem tidak pulang selama 3 hari, juga tak ada kabar darinya. Aku sendiri memutuskan untuk bekerja sambilan sebagai cleaning service di sebuah restoran keluarga yang ada di Jakarta kota. Aku takkan menerima uang pemberian mbak Yem. Aku juga tak ingin emak makan sesuatu yang tidak halal.
Seminggu sekali mbak Yem pulang dan memberi kami segepok uang. Setelah itu ia akan pergi lagi. Sedangkan emak akan selalu meraung-raung meminta mbak Yem untuk tinggal dan meninggalkan pekerjaan haramnya itu. Hasilnya nihil. Mbak Yem kadung betah dengan pekerjaannya. Cobaan tak berhenti sampai di situ. Emak mulai sakit-sakitan. Badannya kurus kering dan sering batuk-batuk berat. Bolak-balik aku terpaksa cuti kerja dan meminta izin pulang lebih awal pada guru piket karena emak kumat. Hingga di suatu siang, semua itu mencapai titik terburuk.
Ketika aku pulang dari sekolah karena mendapat kabar dari salah seorang tetangga bahwa emak kumat, aku melihat seseorang dengan tampilan aneh. Seluruh tubuhnya dibalut busana bewarna hitam, wajahnya ditutup selendang pasmina dan kacamata hitam. Namun aku masih dapat melihat dengan jelas perut yang sedikit membuncit menyembul dari pakaian hitam wanita itu. Ia berjalan memasuki rumahku dengan langkah mengendap-endap dan menuju kamar emak. Lantaran curiga, kubuntuti wanita itu. Dan ketika ada kesempatan, kuraih tangannya. Kupegang erat-erat.
“Heh, siapa kamu? Sedang apa di sini?!” gertakanku berhasil membuat wanita itu berhenti terkaget-kaget. Beberapa detik kemudian ia malah mengambil langkah seribu meninggalkan ruangan. Aku tak tinggal diam. Kukejar lalu kuringkus wanita misterius itu.
“Siapa kamu? Ayo mengaku, kalau tidak kubawa kamu ke kantor polisi.” Teriakku sembari menarik kacamata dan selendang pasminanya. Wajah yang ada di balik penyamaran itu sontak membuatku terkejut. Mbak mariyem.
“Mbak Yem?!”
“Gua bukan Yem.”
“Yem, itu kamu nak? Itu kamu Yem?” Emak bangkit dari tidurnya beranjak menghampiri mbak Yem. Tangannya mulai meraih tangan mbak Yem.
“Bukan! Gua bukan mariyem.”
“Iya, kamu mariyem. Emak kangen sama kamu, Yem.” Emak memeluk mbak Yem. Kulepaskan genggaman tanganku di pergelangan tangannya. Untuk sesaat mbak Yem diam layaknya menikmati pelukan pelepas rindu. Namun beberapa detik kemudian semuanya berubah.
“Gua bukan mariyem!” teriaknya diiringi sesenggukan tangis. Ia melepaskan diri dari pelukan emak dan berlari keluar. Emak mengejarnya. Berusaha memeluknya kembali. Ketika emak hampir mendapatkannya, ia mendorong emak.
“Gua bukan mariyem, gua bukan anak lu lagi!”
            Emak terhuyung lemah karena dorongan mbak Yem dan terjerembab. Kepalanya terbentur dua anak tangga kecil yang ada di teras rumah kami. Kini emak bersimbah darah. Aku memangkunya. Berusaha mengembalikan kesadarannya dan meminta tolong. Sementara mbak Yem hanya terpaku melihat emak. Hanya berselang sesaat dari teriakanku meminta tolong, aku merasakan badan emak mendingin. Nafasnya yang sempat tersenggal-senggal tak lagi terdengar. Emak meninggal. Darah ini seakan mendidih. Ingin rasanya kubunuh juga mbak Yem yang telah menyebabkan semuanya terjadi.
            “Puas lu?! Puas lu mbak Yem? Lihat, emak mati! Puas lu?! Semua gara-gara lu! Emak mati gara-gara lu!!!! Mbak Yem terperangah. Langkahnya mundur satu demi satu ke belakang kemudian berlari menghilang menyusuri gang rumah. Dengan jelas kudengar teriakannya.
            “Gua bukan pembunuh! Gua bukan pembunuh!”
Hari itu selang 4 bulan setelah kepergian emak. Dan 4 bulan pula aku menjalani rutinitasku sendiri. Tanpa emak, apalagi mbak Yem. Aku tak tahu kemana dia? Masih hidupkah dia? Malam itu aku benar-benar sendiri. Hingga mataku tertumbuk pada segaris headline koran yang kubeli pagi tadi.
Seorang pelacur ditemukan sekarat di pemakaman umum
(Jakarta, 4 September 2010) Seorang wanita berinisial MC ditemukan sekarat di pemakaman umum Tipar Cakung, Jakarta Utara. Korban disinyalir melakukan percobaan bunuh diri dengan cara mengaborsi kandungannya yang telah berusia 7 bulan karena mengalami gangguan kejiwaan. Berdasarkan hasil penyelidikan yang telah dilakukan pihak kepolisian, diketahui bahwa MC adalah salah satu WTS binaan Ninuk, seorang germo[4] berusia 57 tahun yang berhasil ditangkap dua hari setelah penemuan MC. Menurut pengakuan Ninuk, pada awalnya MC adalah tukang cuci di rumahnya. Namun karena keterbatasan ekonomi, akhirnya Ninuk berhasil membujuk korban untuk menjadi salah satu anak buahnya di rumah bordilnya[5]. Hingga berita ini ditulis, belum ditemukan kerabat korban yang bisa dihubungi.

Aku shock, koran yang ada di genggamanku langsung berpindah ke lantai dan air mataku meluncur jatuh tanpa bisa dicegah.
dinar.berjilbab.birumuda@gmail.com
Alhamdulillah.
Daarun Ni’mah, 30 Juli 2011
23.19 WIB


[1] Pamali= tidak baik,bisa menimbulkan petaka atau keburukan.
[2] Perek, pecun adalah istilah yang digunakan orang Jakarta untuk menyebut pelacur atau wanita tuna susila
[3] Laki, sebutan Betawi untuk suami
[4] Germo, istilah oran-orang Jakarta untuk menyebut mucikari
[5] Rumah pelacuran

0 komentar:

Posting Komentar